Rabu, 17 Oktober 2012

TUGAS ISD "SIKLUS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA"

BAB I
PENDAHULUAN





Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Karena manusia memiliki akal pikiran dan iman kepada Sang Penciptanya. Inilah salah satu yang membuat manusia menjadi makhluk yang istimewa dan ini juga yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.
Namun ada hal yang mirip. Apakah itu? Benar, siklus pertumbuhannya. Lalu bagaimana dengan perkembangannya? Maka dari itu, penulis menyusun makalah yang berjudul ”SIKLUS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA”. Dalam makalah ini akan dijelaskan dengan rinci sesuai dengan judul tersebut.

Berkaitan dengan judul diatas, maka penulis mencoba mengumpulkan berbagai masalah yang menjadi latar belakang permasalahan, sbb:
  1. Apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan?
  2. Apa saja siklus pertumbuhan dan perkembangan manusia?
  3. Bageaimana proses pertumbuhan dan perkembangannya?

Adapun tujuan dari makalah dalam rangka penulisan tugas ini adalah sebagai berikut:

Sedangkan manfaat yang penulis harapkan adalah agar masyarakat lebih memahami dengan benar tentang bagaimana proses atau siklus terciptanya manusia. Dalam kaitannya pada program studi kebidanan sehingga dapat tergambar jelas bagaimana proses setiap tahapan-tahapan yang dibahas sesuai dengan judul atau topik makalah ini.

























BAB II
KAJIAN PUSTAKA




Sesuai dengan judul yang telah ditetapkan, yaitu ”SIKLUS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA”. Maka pada bab ini akan penulis kemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan judul makalah ini.      
Makalah ini akan membahas tentang siklus pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada manusia secara umum. Beberapa hal akan mencakup proses-proses atau langkah-langkah biologis yang peristiwanya sama dialami oleh satu individu dengan individu yang lain. Mengapa demikian? Secara biologis manusia terlahir melalui proses biologis yaitu lahir dari kandungan seorang ibu. Seiring waktu berjalan, manusia akan mengalami proses yang disebut pertumbuhan dan proses perkembangan. Semuanya  itu juga sama dialami oleh satu individu dengan individu yang lain. Meski dalam prosesnya terdapat beberapa hal yang sedikit berbeda, namun pada umumnya sama.
Beberapa hal yang menimbulkan perbedaan kemungkinan terjadi karena fisik yang berbeda dikarenakan cacat fisik atau cacat mental yang dipengaruhi oleh factor keturunan atau mungkin terjadi kecelakaan. Hal ini sangat menonjol sekali perbedaannya karena dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan individu itu sendiri.









BAB III
METODE PENELITIAN




3.1       Sumber Data
Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini, maka harus menggunakan metode yang relevan dan obyektif dimana semuanya tergantung pada ruang lingkup dan obyek penelitian, maka metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
3.2.2 Metode Penelitian Pustakaan (Library Research)
Yaitu suatu metode penelitian, dimana penulis terlebih dahulu mempelajari teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti melalui kajian pustaka sebagai pedoman dalam mengadakan penelitian lapangan.


























BAB IV
PEMBAHASAN




Siklus kehidupan manusia adalah proses perjalanan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada kehidupan manusia. Dan prosesnya melalui tahapan-tahapan yang sama terjadi antara satu individu dengan individu yang lainnya.
Pertumbuhan adalah suatu proses dimana makhluk hidup (dalam makalah ini berorientasi pada mannusia) berubah dari kecil, sempit, dan pendek, tumbuh menjadi besar, panjang, dan lebar. Hal ini berorientasi pada segi fisiknya.
Sedangkan perkembangan ialah proses dimana makhluk hidup (manusia) mengalami bertambah berkembang dari segi intelektual, perilaku, dan kehidupan psikologinya.

Siklus pertumbuhan dan perkembangan manusia terjadi melalui tahapan-tahapan biologis. Yaitu:

  1. bertemunya sel ovum dan sperma.
Proses ini merupakan proses biologis yang terjadi setelah adanya pernikahan antara ibu dan ayah. Sel ovum atau sel telur milik wanita jika tidak dibuahi maka akan terjadi menstruasi. Namun sebelumnya, jika dalam masa subur ini terjadi hubungan seksual dimana sel sperma milik pria akan masuk melalui vagina dan menembus sel telur yang tidak dibuahi tadi. Nah, inilah proses pembuahan tersebut.
  1. terjadinya kehamilan.
Setelah terjadi pembuahan, akan terjadi kehamilan. Sel yang dibuahi itu akan mengalamami pertumbuhan dalam janin ibu. Berjuta-juta sel sperma yang datang hanya satu yang terpilih untuk dapat menempati sel ovum dan menjadi calon individu baru. Jadi, dari sel kecil ini akan bertumbuh terus seiring dengan berjalannya waktu dan akan berkembang sesuai dengan usia kehamilan sang ibu.
Usia kehamilan normal ialah 9 bulan 10 hari. Disini juga terjadi pertumbuhan dan perkembangan janin. Janin akan bertumbuh menjadi lebih besar dan tubuhnya pun akan semakin sempurna terbentuk mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, jari-jari dan seluruh organ tubuh .
Sedangkan perkembangannya ialah pergerakkan yang dilakukan oleh janin, dulu belum bergerak, namun sekarang sudah mulai bergerak-gerak dan menunjukkan perkembangannya.
  1. proses persalian.
Setelah genap waktunya yaitu 9 bulan 10 hari (normal), maka sudah waktunya untuk melakukan persalinan. Proses ini dapat terjadi dengan dua cara, yaitu persalinan normal dan persalinan saecare atau melalui operasi. Namun sebaiknya ialah persalinan normal saja.
Siapa yang tidak pernah lahir melalui perut ibu???
  1. bayi baru lahir.
Setelah dilahirkan pun bayi akan terus mengalami pertumbuhan, tubuhnya akan semakin besar dan beratnya juga semakin berat. Adapun perkembangannya juga terjadi yaitu dengan kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru.








BAB V
PENUTUP




5.1 Kesimpulan
Siklus kehidupan manusia adalah proses perjalanan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada kehidupan manusia. Dan prosesnya melalui tahapan-tahapan yang sama terjadi antara satu individu dengan individu yang lainnya.
Pertumbuhan adalah suatu proses dimana makhluk hidup (dalam makalah ini berorientasi pada mannusia) berubah dari kecil, sempit, dan pendek, tumbuh menjadi besar, panjang, dan lebar. Hal ini berorientasi pada segi fisiknya.
Sedangkan perkembangan ialah proses dimana makhluk hidup (manusia) mengalami bertambah berkembang dari segi intelektual, perilaku, dan kehidupan psikologinya.
Namun kedua proses ini tidaklah berjalan terus, ada masanya proses ini berhenti. Untuk proses pertumbuhan, akan berhenti pada umur sekitar 20. sedangkan perkembangan tergantung pada individu masing-masing karena tiap orang itu berbeda-beda.
Secara umum makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mengharapkan agar pembaca dapat memberikan saran dan kritik dalam pembangunan makalah yang lebih baik lagi.









DAFTAR PUSTAKA








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar